Analisis tentang pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dalam upaya peningkatan profesionalisme guru

Authors

  • Ana Merdekawaty Universitas Samawa, Indonesia
  • Nining Andriani Universitas Samawa, Indonesia

Keywords:

Supervisi Akademik, pengawas, profesionalisme

Abstract

Kegiatan Supervisi akademik merupakan kegiatan yang direncanakan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan supervisi pengawas sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Unter Iwes Sumbawa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan data diperoleh dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) supervisi yang dilakukan dengan menerapkan pendekatan kedinasan, kemitraaan, dan kekeluargaan, serta teknik yang dikembangkan oleh supervisor dalam melaksanakan supervisi akademik cukup bervariasi; (2) kendala pengawas/supervisor dalam melaksanakan supervisi akademik adalah jumlah guru yang cukup banyak, namun waktu yang terbatas; (3) pelaksanaan supervisi akademik umum cukup baik, dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik; (4) aspek yang menjadi sasaran supervisi pengawas/supervisor sekolah masih terbatas, belum semua aspek supervisi akademik dilakukan; (5) frekuensi kunjungan pengawas/supervisor sekolah dalam melakukan supervisi akademik dinilai masih kurang karena tidak merata; guru menerima kunjungan kelas oleh pengawas; dan (6) upaya yang dilakukan pengawas/supervisor dalam melaksanakan supervisi akademik,belum optimal dalam memberikan bimbingan kepada guru di SMP Negeri 1 Unter Iwes Sumbawa.

References

Ali, I. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Crosby, P. B. (1979). Quality is Free: The Art of Making Quality Certain. New York.

Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Dirjen, P. (2008). Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga. Indonesia.

Ivan, I. (1984). Bebas Dari Sekolah. Jakarta: Buku Obor.

Kristiawan, M. (2017). KristiaThe Characteristics of the Full Day School Based Elementary School. Transylvanian Review.

Kristiawan, M. S. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Makawimbang, J. H. (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Milasari, d. (2021). Prinsip-prinsip Supervisi, Tipe/Gaya Supervisi, Komunikasi Dalam Supervisi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 45-60.

Muhammad, M. a. (2015). Menjadi Pengawas Sekolah Profesional . Univesrsitas Muhammadiyah Sidoarjo, Nizamia Learning Center, 1-193.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional NO 20 Tahun 2003 . Wahana Karya Ilmiah Pendidikan.

Nurhayati. (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Pembelajaran (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profesionalisme dan Kinerja Guru Biologi di SMAN Kota Makasar Sulawesi Selatan. Nurhayati (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Pembelajaran (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profesionalisme dan KinerjaJurnal Pendidikan No. 4 .

PP, N. 7. (2008). Tentang Guru [JDIH BPK RI]. Indonesia.

Rachmawati. (2016). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Guru. Coopetition.

Rachmawati, T. (2016). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Competition, 43.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran. Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Stephanie, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP, Negeri di Kecamatan Turi Sleman. Yogyakarta: Tesis UNY.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Supriadi, B. (2019). Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam. Journal of Islamic Educational Management, 1-11.

Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA (Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran), 23-42.

UU Sisdiknas, N. 2. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.

Wahyu, B. S. (2015). Kemampuan Pedagogik Guru. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor .

Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi.

Wulandari, Y. &. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua . JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).

Yuliani, T. &. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima). Tenaga Administrasi Sekolah. Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Merdekawaty, A. ., & Andriani, N. (2023). Analisis tentang pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dalam upaya peningkatan profesionalisme guru. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(3), 440-448. Retrieved from https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/3401